catering jogja

Bolehkah aqiqah kambing betina? hukum dan tinjauan islam.

bolehkah aqiqah kambing betina. Pertanyaan ini sering ditanyakan bagi yang belum begitu memahami hadis dan beberapa aturan tentang aqiqah dan qurban. Nah berikut ini langsung saja kami bantu jelaskan mengenai bolehkah aqiqah kambing betina.

KAMBING AQIQAH ANAK, AQIQAH ANAK JOGJA, JAKARTA

Jawabnya dari pertanyaan bolehkah aqiqah kambing betina ialah:

boleh, sebab tidak dilafalkan pengkhususan di dalam hadits yang menyatakan tentang aqiqah me sti dengan jenis jantan atau betina. Di hadits itu hanya dilafalkan dengan kambing kibas umum sehingga dengan kata lain boleh jantan dan dapat betina.

Akan tetapi andai dengan kambing atau domba jantan maka lebih bagus lagi. Sebab umumnya domba jantan lebih mahal daripada domba betina, lebih bergengsi. Lebih disayang-sayang untuk disembelih, dengan kriteria ikhlas untuk Allah dan mengekor petunjuk Rasulullah. Karena Allah berfirman:

ومن يعظم شعئر الله فإنها من تقوى القلوب

Maka bila kamu bisa aqiqah dengan domba yang besar yang sehat gemuk jantan. Dengan cara yang paling sesuai dengan pelaksanaannya rosulullah maka boleh, bakal tetapi andai bisanya dengan domba betina. Maka tersebut juga tidak dilarang. Agama kita paling mudah menyerahkan keluasan dan fasilitas yang cocok dengan Al-Quran dan Assunnah ash-shohihah. Wallahu a’lam.

Terjemah: Hewan aqiqahnya me sti suasana bebas dari ‘aib. Dan ini ialah pendapat jumhur ulama dan berpengalaman fiqih. Tentang ini Ibnu Abdil Barr berkata: “Terkait permasalahan ini jumhur fuqoha melafalkan bahwasanya kambing aqiqah me sti jauh dari aib-aib. Sebagaimana kambing kurban me sti jauh dari aib. Adapun yang dimaksudkan dengan cacat di sini ialah hal-hal yang secara dzatnya menangkal dari sahnya ibadah kurban. Hal ini sebagaimana dilafalkan atas pendapat ini para berpengalaman ilmu. Berbicara Imam Malik: “Sesungguhnya aqiqah ini ialah sekedudukan dengan kurban dan sembelihan, jangan hewannya buta sebelah, pincang, maupun pecah tanduknya, dan tidak pula sakit.

baca juga disini:

Apa Hukum Qurban dengan Kambing Betina?

kambing aqiqah dan domba aqiqah anak perempuan


Seseorang yang bakal berqurban diperintahkan untuk memilih kambing ternak yang terbaik, sehat, gemuk, dan tidak cacat. Hewan ternak yang dijadikan qurban dapat bermacam-macam, mulai dari kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Masing-masing mempunyai nilai yang berbeda, misalnya domba dan kambing untuk 1 orang/ekor, sementara kerbau, sapi, dan unta untuk 7 orang/ekor.

Hukum Qurban dengan Kambing

Apa Hukum Qurban dengan Kambing Betina?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang hukum berqurban dengan domba betina. Terdapat baiknya kita memahami apa saja kriteria kambing qurban menurut keterangan dari syariat Islam. Selain situasi fisik, kambing yang bakal dijadikan qurban pun wajib mengisi kriteria usia sebagai berikut:

  • Domba paling tidak 1 tahun atau telah berganti gigi
  • Kambing paling tidak 2 tahun
  • Sapi dan kerbau paling tidak 2 tahun
  • Unta paling tidak 5 tahun

Umat muslim mempercayai bahwa ternak jantan lebih bagus dijadikan qurban daripada yang betina. Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa daging domba jantan lebih lezat, sementara daging domba betina lebih basah.

Sah Tidaknya Qurban Kambing Betina

Apa Hukum Qurban dengan Kambing Betina?

“Dan diizinkan dalam berqurban dengan kambing jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada suatu hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Bahwa beliau pernah bersabda “(aqiqah) untuk anak laki-laki ialah dua domba dan untuk wanita satu kambing. Kambing jantan atau betina, tetap boleh.
Berdasarkan keterangan dari An-Nawawi. Andai aqiqah saja boleh menguntuk kan domba jantan maupun betina, maka urusan yang sama pun berlaku dalam konteks qurban. Adapun anggapan bahwa daging domba jantan lebih baik untuk dijadikan qurban. Ini datang dari Imam Arramli dalam buku Nihayatul Muhtaj yang artinya:

“Boleh berqurban dengan kambing ternak jantan, betina dan kambing yang tidak jelas kelaminnya. Namun demikian, kambing ternak jantan walau warna bulunya tidak cukup bagus, menurut keterangan dari pendapat yang zahir, lebih utama.”

Mana yang Lebih Baik?

Apa Hukum Qurban dengan Kambing Betina?

Dari kriteria dan pendapat ulama di atas. Jelas tidak terdapat aturan baku tentang boleh tidaknya berqurban dengan kambing (dalam urusan ini kambing) betina. Singkatnya, tidak terdapat keutamaan/keistimewaan atas jenis kelamin ternak yang satu dengan lainnya, tergolong hukum qurban domba betina. Yang sangat penting. Kambing yang bakal diqurbankan sudah mengisi kriteria yang diputuskan oleh syariat, laksana sudah lumayan usia, sehat, gemuk, serta tidak cacat.

baca juga yuk:

2 comments on “Bolehkah aqiqah kambing betina? hukum dan tinjauan islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.