Persiapan Nikah Penting Supaya Diberkahi

Persiapan nikah adalah salah satu ajakan yang dilafalkan oleh Rasulullah guna dilakukan. Menikah juga dirasakan sebagai penyempurna agama. Islam memandang pernikahan tidak saja sebagai jalan guna berumah tangga dan mempunyai keturunan, tetapi pun adalahpintu perkenalan antar suku dan bangsa.

Dalam al-Quran juga dijelaskan perintah mengenai perniakah dalam surat az-Zariyat ayat 49.

“Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Dalam membina pernikahan, hendaklah mempunyai tujuan yang sakinah, mawaddah, dan warrahmah. Untuk menjangkau tujuan itu usahakan dipersiapkan bahkan sebelum pernikahan berlangsung. Berikut ini sejumlah persiapan yang mesti dilaksanakan sebelum menikah.

1. Persiapkan niat yang tulus dan matang

Apapun yang anda lakukan, niat adalahsalah satu urusan yang terpenting. Apalagi dalam menikah, niat yang tulus menjadi poin kesatu yang mesti ada agar dalam menilai tahapan ke depan dengan pasangan menjadi mudah. Niat menikah pun akan mencetuskan visi tujuan dalam lokasi tinggal tangga, dengan kata lain ketika anda menikah kelak, bakal dibawa kemana arah lokasi tinggal tangga bareng pasangan.

2. Persiapan nikah Melakukan taaruf

Taaruf dapat ditafsirkan dengan mengenalkan, mengenal baik maupun berkenalan dengan orang lain. Taaruf adalahinteraksi antara dua orang atau lebih dengan maksud atau destinasi tertentu. Taaruf memiliki tidak sedikit manfaat, di antaranya ialah terhindar dari zina, sebab dalam proses taaruf laki-laki dan wanita dilarang berdua-duaan atau bertemu secara diam-diam.

3. Persiapan nikah memperbaiki akhlak dan mengamalkan sunnah

Sebelum mengarah ke jenjang pernikahan, kamu pun wajib untuk membetulkan akhlak supaya dapat menjadi istri dan suami idaman untuk pasangan. Hal ini akan sehubungan dengan keharmonisan lokasi tinggal tangga yang bakal terjaga dengan terus mengamalkannya. Di samping akhlak, kamu pun terus membudayakan diri mengerjakan amalan-amalan sunnah. Kebiasaan ini nantinya bakal dijadikan misal oleh pasangan dan anak anda kelak. Sebab, edukasi agama dari family adalahdasar yang dijadikan pondasi oleh anak.

4. Sabar mengelola emosi

Dalam melintasi bahtera lokasi tinggal tangga, tentunya akan mendatangi suatu permasalahan. Oleh karenanya, bakal sangat arif jika anda mengelola emosi dan kesabaran dari sekarang. Dengan benak dan dada yang lapang, sebuah masalah bakal lebih terang ditelusuri jalan keluarnya. Terlebih, pernikahan pun adalahibadah terpanjang yang bakal dijalani semasa hidup, anda harus siap dengan segala risiko yang bakal dihadapi.

5. Persiapan nikah mengikuti konseling pra-nikah

Konseling pra-nikah wajib dibuntuti oleh seluruh calong pasangan sebelum menikah. Hal ini menjadi penting sebab saat konseling anda akan menemukan bekal yang tidak sedikit bersangkutan hal pernikahan dan lokasi tinggal tangga, pembagian antara kegiatan publik dan domestik, dan beda sebagainya. Kamu juga dapat menanyakan hal-hal yang menjadi keresahan saat mengerjakan konseling pra-nikah ini.

Baca Juga artikel : Mahar Yang Baik dalam Islam

Baca Juga artikel : Awal Mula Sendok Dan Garpu

persiapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.