Tata cara aqiqah anak yang sudah besar

Tata cara aqiqah: dalam pembahasan ini kali ini ada pertanyaan dari seorang ibu yang mempunyai dua orang anak berusia 17 tahun dan 14 tahun. Ketika bayi, mereka belum diakikahkan (memotong ksmbing kurban) sebab ia belum dapat pada ketika itu. Kini, finansial keluarga kami sudah cukup, saya berkeinginan melakukan akikah tersebut. Apakah masih boleh?

Jawab:
Ya, segera ibu akikahi kedua orang anak ibu itu, paling tidak dengan satu ekor domba untuk masing-masingnya, sampai-sampai menjadi dua ekor domba untuk keduanya. Syukur-syukur andai masing-masing dengan dua ekor kambing bila kedua anak ibu tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Menurut beberapa besar ulama, dengan merujuk untuk sebagian hadis Nabi Muhammad SAW, kadar berakikah itu ialah dua ekor domba untuk satu orang anak laki-laki dan satu ekor domba untuk satu orang anak perempuan.

Namun, andai untuk menemukan dua lagipula empat ekor domba untuk akikah kedua orang anak tersebut dirasa berat maka dicukupkan dengan dua ekor domba saja. Akikah ini urgen dilakukan, menilik Rasul Allah SAW mengibaratkan seseorang yang belum diakikahi itu dirasakan tergadai kehidupannya. Selamat berakikah ya Bu Linda, insya Allah, terbilang ibadah. Amin, semoga!

oleh Prof Dr Amin Suma (Dewan Pakar Pusat Studi Alquran )

nah berikut ini adalah tata cara aqiqah yang benar:

Tata Cara Aqiqah Berdasarkan keterangan dari Islam

Tata cara aqiqah masa-masa yang dianjurkan Rasulullah

“Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih ksmbing (kambing), diberi nama dan dipotong rambutnya.”

Berdasarkan keterangan dari sabda itu maka semua ulama sudah sepakat bahwa masa-masa aqiqah yang sangat utama ialah hari ke-7 dari mula kelahirannya. Bahkan andai berhalangan kamu tetap bisa melaksanakannya sampai hari ke-14 atau ke-21.

Dan andai seorang muslim dalam situasi ekonomi yang tidak memungkinkan, maka terlepaslah keharusan melakukan aqiqah ini. Tidak bakal berdosa seorang muslim andai meninggalkan ibadah ini, kecuali andai ia memang tidak mampu.

Bahkan pendapat yang menuliskan aqiqah dapat dilaksanakan ketika hari ke-14 atau ke-21 juga masih rendah, yang jelas Rasulullah SAW mengajurkan kita supaya menyegerakan ibadah aqiqah ketika hari ke-7 supaya amalan anda segera diterima Allah SWT.

2. Syarat Yang Harus Dipenuhi Dalam Memilih Hewan Aqiqah Dalam tata cara aqiqah menurut keterangan dari islam, ksmbing yang menjadi kriteria guna sembelih aqiqah ialah hewan yang mempunyai kriteria sama dengan ksmbing qurban. Sangat disarankan untuk memilih ksmbing kurban berjenis kambing putih dan sehat. Umur dari ksmbing ini paling tidak ½ tahun.

3. Pembagian Daging Hewan Aqiqah

Dalam tata cara aqiqah menurut keterangan dari islam, menyalurkan daging aqiqah bertolak belakang halnya dengan qurban. Dalam aqiqah, anda harus menyalurkan daging yang telah disembelih tadi dalam situasi sudah masak.

“Sunnahnya dua ekor domba untuk anak laki-laki dan satu ekor domba untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh”. (HR al-Bayhaqi)”

Hadits Aisyah r.a:

Dalam situasi seperti ini, anda dan family disunnahkan pula guna mengkonsumsi daging aqiqah. Sedangkan daging sepertiganya, dihadiahkan untuk tetangga dan fakir miskin.

Seperti firman Allah SWT, dalam Q.S. Al-Insan (8):

“Mereka memberi santap orang miskin, anak yatim, dan tawanan, dengan perasaan senang”.

Pemberian Nama Anak Saat Aqiqah

Dalam tata teknik aqiqah menurut keterangan dari islam saat mengadakan aqiqah, anda disunnahkan pula untuk mengerjakan cukur rambut dan menyerahkan nama baik untuk anak yang baru lahir. Memberikan nama baik untuk anak akan menggambarkan bagaimana akhlak dan imannya nanti untuk Allah SWT.

Mencukur Rambut Saat Aqiqah

Rasulullah pun sangat menganjurkan supaya melakukan cukur rambut anak yang baru bermunculan pada hari ke-7 nya. Dalam tata teknik aqiqah menurut keterangan dari islam tidak terdapat hadits yang menyatakan bahwa me sti memotong rambut anak atau tidak, yang jelas pencukuran ini me sti dilaksanakan secara merata.

Doa Saat Menyembelih Hewan Aqiqah

Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.

Artinya : “Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan family Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.