Yuk Perkirakan Biaya Aqiqahmu Disini.

Kamu pasti bertanya-tanya, Berapa sih Biaya Aqiqah jika dilakukan oleh keluarga sendiri?.

menghitung biaya aqiqah pda anak laki laki dan perempuan
pict: ridho aqiqah

Bagi calon orang tua atau bahkan yang baru saja menjadi orang tua tentu  akan mempersiapkan aqiqah untuk  buah hatinya. Karena menurut syariat islam diwajibkan  untuk segera mengerjakan  aqiqah andai  sudah mampu. Salah satu yang menjadi masalah dalam melakukan suatu acara ialah  mengenai berapa ongkos  yang mesti dikeluarkan untuk mengadakan  aqiqah. Seperti yang anda  tahu jumlah ekor domba  untuk aqiqah anak laki-laki 2 ekor kambing dan untuk aqiqah anak perempuan cukup satu saja. Oleh sebab  itu, ongkos  untuk melakukan aqiqah antara anak laki-laki dan anak perempuan biayanya juga berbeda.

Penting untuk  para orang tua untuk menghitung rincian dari perkiraan biaya aqiqah bahkan saat  bayi kamu  masih berada dalam kandungan. Pada saat kamu  mengetahui jenis kelamin dari anak kamu  dengan teknik  USG maka pada saat tersebut  pula kamu  bisa mengawali  untuk mengestimasi ongkos  aqiqah bagi  anak anda.

Menghitung Anggaran Biaya Aqiqah

Bagi kamu  yang mencari info seputar rincian biaya aqiqah baik laki-laki atau perempuan. Jangan khawatir sebab  pada tulisan  kali ini kami akan menjelaskan kepada kamu  mengenai perkiraan ongkos  aqiqah yang mesti kamu  pertimbangkan dan tips menghemat ongkos  aqiqah. Dengan membaca tulisan  ini maka ongkos  aqiqah bisa  ditekan seminimal mungkin, namun bisa memberikan kepuasan tersendiri kepada keluarga. Yuk, simak ulasannya inilah  ini.

Batasan Dikatakan Mampu Melaksanakan Aqiqah

Lahirnya anak si buah hati dalam keluarga adalah suatu hal yang membahagiakan dan patut disyukuri. Dalam islam sendiri, kebahagian yang anda  miliki disarankan  untuk diberikan  kepada orang lain. Bentuk rasa syukur itu  menurut  keterangan dari  syariat islam dapat  dilaksanakan dengan melaksanakan ibadah aqiqah. Berdasarkan keterangan dari  firman Allah SWT dalam melakukan aqiqah tidak perlu dilaksanakan  dengan berlebih-lebihan sekalipun kamu  berkecukupan dan dapat  untuk melaksankannya sebab  Allah SWT tidak menyenangi  suatu urusan  yang berlebihan dan bermewah-mewahan. Seperti firman Allah SWT yang terdapat  di surah Al A’raf ayat 31:

Firman Allah SWT Agar tidak Berlebih-lebihan dalam mensyukuri lahirnya bayi

Pertanyaan yang sering hadir  dipikiran orang-orang yang akan mengemban  aqiqah ialah  bagaimana batasan disebutkan  mampu mengemban  aqiqah? Jika kita berkata  mengenai dapat  dan tidak dapat  untuk mengemban  aqiqah. Sebenarnya, beberapa  dari mereka bakal  merasa berat. Namun, mengemban  aqiqah adalah sunnah muakad dan adalah tuntutan agama.

Jadi, pengertian  mampu dalam urusan  ini ialah  mampu atau tidak mampunya seseorang bergantung pada imannya untuk  Allah SWT. Ada orang yang serba berkecukupan dalam melakukan pembelian  barang yang mewah dan mahal tetapi  ia merasa tidak dapat  untuk mengemban  aqiqah. Di samping  itu, untuk mengemban  aqiqah semuanya bergantung pada niat.

Jika anda  sudah menyatukan  tekad dan niat untuk mengemban  aqiqah, namun saat  kita mempersiapkan di jauh-jauh hari maka semua tersebut  akan terasa lebih ringan. Yang sangat  penting ialah  melaksanakan aqiqah untuk menginginkan  ridho dari Allah SWT.

caca juga:

Tips Menghemat BIaya Aqiqah

Memang untuk mengemban  aqiqah dibutuhkan ongkos  yang mahal dan tidak sedfikit. Kebanyakan permasalahan  yang terjadi di masyarakat ialah  kurangnya persiapan pada ketika  akan melakukan prosesi aqiqah sampai-sampai  akan terjadi suatu keadaan bimbang dimana mereka akan beralasan  tidak dapat  untuk melaksanakannya.

Nah, untuk menanggulangi  masalah itu  berikut bakal  kami sampaikan  mengenai tips untuk menghemat budget acara aqiqah anak kesayangan bunda yang baru lahir.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Perencanaan Budget yang Baik

Tips menghemat ongkos  aqiqah yang kesatu  ialah  dengan merencanakan budget dengan sebaik mungkin. Perencanaan adalah suatu urusan  yang penting, kamu  dapat mengerjakan  rencana aqiqah ini bareng  dengan keluarha kecil anda, tidak butuh  melibatkan family  besar andai  mampu diadakan  secara mandiri.

Perencanaan budget aqiqah ini bisa kamu  lakukan setelah memahami  jenis kelamin dari janin yang kamu  kandung. Apakah bayi laki-laki ataukah bayi perempuan. Bagi  aqiqah bayi laki-laki kamu  harus mencari 2 ekor domba  dan bayi perempuan hanya 2 ekor kambing, tidak masalah apakah jenis kelamin kambing jantan atau betina.

Di samping  itu, pastikan kamu  memperkirakan pun  total duit  yang  dibutuhkan untuk kebutuhan  pelaksanaan aqiqah yang lainnya. Dengan begitu, maka kamu  bisa mulai untuk merangkai  strategi guna  mendapatkan dana tersebut. Anda dapat  mengikuti arisan aqiqah, menyimpan uang  dari gaji suami atau meminta pertolongan  dari family  besar.

Tips Menghemat Biaya Aqiqah – Hindari Berhutang

Pada ketika  akan melakukan acara aqiqah, pastikan kamu  tidak menemukan  dana dengan teknik  berhutang sebab  hal ini bakal  memberatkan di lantas  hari. Untuk menanggulangi  masalah tersebut, kamu  bisa mensiasatinya dengan teknik  menyimpan beberapa  uang dari gaji bulanan yang didapatkan.

Memang ada beberapa  ulama yang menuliskan   bahwa boleh melaksanakan aqiqah dengan cara berhutang. Namun, andai  kita pertimbangkan menunaikan  hutang hukumnya ialah  wajib. Walaupun seseorang telah  meninggalpun, hutang tidak dapat dirasakan  lunas begitu saja. Akan terdapat  perhitungan di akhirat andai  pada ketika  hutang didunia masih belum terselesaikan.

Disisi lain, melaksanakan aqiqah hukumnya ialah  sunnah muakkad yang dengan kata lain  jika dilaksanakan  akan menemukan  pahala namun bilamana  tidak dilaksanakan  tidak bakal  berdosa. Keputusan selanjutnya pulang  lagi kepada kamu  sebagai shohibul hajat.

baca juga:

Tips Menghemat Biaya Aqiqah

Anggaran aqiqah sendiri seringkali  akan mencakup  masalah lokasi  pembelian kambing, jumlah dan jenis domba  yang bakal  dibeli, apakah melakukan aqiqah sendiri atau memakai  jasa aqiqah, acara aqiqah akan diadakan  dengan konsep laksana  apa. Itu seluruh  bergantung pada kamu  dan yang sangat  penting sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Anda dapat  menyusun perkiraan  biaya aqiqah dengan memakai  dua cara. Cara kesatu , kamu  bisa memperkirakan keterampilan  total duit  yang  bisa kamu  sediakan . selanjutnya kamu  bisa mengerjakan  breakdown menjadi bagian-bagian kecil menurut  pada pos-pos tertentu dengan bentuk  acara aqiqah yang telah  ditetapkan. Kedua, kamu  bisa merangkai  rangkaian acara mulai dari unsur  kecil sampai  yang besar beserta duit  yang  dibutuhkan. Selanjutnya kamu  bisa mentotal duit  yang  dibutuhkan untuk melangsungkan  acara aqiqah. Sediakan pun  dana cadangan guna  mengantisipasi adanya hal-hal tidak tersangka  sebesar 10% dari total dana.

Nah sebagai berikut  kami bakal  memberikan misal  perkiraan ongkos  aqiqah anak laki-laki.

keperluan dan biaya aqiqah
keperluan dan biaya
  • Pembelian 2 kambing: Rp. 6.000.000
  • Bumbu dan Keperluan Memasak Rp. 700.000
  • Tukang Jagal Rp. 200.000
  • Juru Masak 3 orang Rp. 750.000
  • Jajan atau Snack Rp. 250.000
  • Kartu Undangan dan Ucapan Selamat Aqiqah Rp. 100.000
  • Bingkisan atau Berkat 60 orang Rp. 150.000

=Total Biaya Rp. 8.150.000

hasil perhitungan uang aqiqah
keterangan

Total ongkos  yang dibutuhkan ialah  Rp. 8.150.000. selanjutnya kamu  bisa meminimalisir  hal-hal yang perlu guna  dikurangi contohnya  bumbu dapur atau jumlah undangan. Pilihlah yang pokok-pokok saja yang sangat  penting ialah  rukun aqiqah dapat  terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.