Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan Pria

Pernikahan merupakan gerbang menuju kebahagiaan dalam sebuah mahligai rumah tangga, maka pernikahan menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Meski banyak yang ingin menikah namun tak jarang yang menunda karena belum ada biaya. Konon nikah di Indonesia tidak sesederhana esensinya, mengucap janji suci atas nama yang Maha Kuasa, tetapi sering kali pria ditanya “mau menikah punya uang berapa?

Biaya Nikah Lamaran

Menuju prosesi pernikahan biasanya diawali dengan melakukan prosesi lamaran dari keluarga pria kepada keluarga calon istrinya. Untuk datang ke rumah calon mertua tentu butuh biaya. Prosesi lamaran sebenarnya tak perlu terlalu mewah, cukup sederhana saja. Persiapkan dana operasional dari rumah pria ke rumah wanita. Misalkan cukup dengan mengalokasikan Rp2 juta. Pada prosesi lamaran tak perlu tukar cincin nanti saja saat akad nikah.

Mahar atau Mas Kawin

Mahar atau Mas Kawin adalah aspek paling penting dalam prosesi pernikahan karena pria yang harus mempersiapkan. Mahar nggak harus mahal dan jangan dipersulit karena ada riwayat dalam umat muslim bahwa sebaik-baiknya wanita adalah yang meringankan dan memudahkan maharnya.

Seserahan

Kebutuhan untuk menikahi perempuan yang harus disiapkan calon suaminya adalah seserahan. Untuk hal ini usahakan barang-barang yang akan digunakan oleh calon istri ya. Sehingga tidak membuang uang untuk barang-barang yang tidak perlu.

Biaya seserahan ini biasanya meliputi tas, sepatu, baju, alat mandi, make up, kebaya, sampai pakaian dalam. Tentu biaya ini berbeda-beda untuk tiap orang. Semakin tinggi gaya hidupnya maka makin tinggi pula kebutuhannya. Untuk keperluan seserahan, misal alokasikan dana Rp4 juta cukup kali ya, hehehe.

Biaya Nikah Operasional Keluarga Pria

Keluarga mempelai pria tentu butuh akomodasi dan transportasi untuk ke lokasi pernikahanmuya. Nah, biaya ini perlu dipersiapkan juga lho! Untuk datang ke lokasi pernikahan, keluarga mempelai pria tentu membutuhkan kendaraan. Misalkan menyiapkan 5 atau 6 mobil untuk rombongan dan sebaiknya menyewa penginapan untuk transit dengan menyesuaikan kemampuan. Dana yang dialokasikan misalnya Rp6 juta.

Biaya Resepsi Pernikahan

Biaya resepsi pernikahan semestinya bisa menyesuaikan konsep resepsi yang akan dibuat. Resepsi pernikahan usahakan menyesuaikan kemampuan dan jangan sampai utang ya! Misalkan ingin membuat resepsi pernikahan di lapangan dekat rumah mempelai wanita, mungkin bisa menyumbang sebesar Rp10 juta – Rp15 juta. Lagi-lagi diingatkan, nominal ini tergantung kesepakatan dan konsep resepsinya ya. Tetapi tidak ada salahnya jika menggunakan kisaran angka tersebut.

biaya

Baca juga artikel : 5 Manfaat Memasang Karpet di Rumah

Baca juga artikel : Menu Gubukan yang Simpel dan Meriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.